Jumat, 21 Mei 2010

Pengertian client server, multi user, server mirror, switch, dan LAN

CLIEN SERVER

Klien-server atau client-server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server.

Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.

Sebuah contoh dari aplikasi client/server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP) atau PHP. Skrip PHP atau ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau Internet Information Services), sementara skrip yang berjalan di pihak klien akan dijalankan oleh web browser pada komputer klien. Klien-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database, dengan metode klien-server database dapat diinstal pada suatu komputer sebagai server dan aplikasinya diinstal pada client.


MULTI USER


Multi-user adalah istilah dalam sistem operasi atau perangkat lunak aplikasi yang memperbolehkan akses oleh beberapa pengguna dalam waktu bersamaan ke sistem operasi atau aplikasi tersebut. Istilah lawannya yaitu single-user mengacu kepada suatu sistem operasi yang hanya bisa digunakan oleh satu pengguna setiap saat.


SERVER MIRROR

Memanfaatkan server cadangan yang duplikat semua proses dan transaksi dari server primer. Jika, untuk alasan apapun, server utama gagal, backup server segera dapat berlangsung tanpa ada waktu-down.

mirroring Server adalah strategi mahal namun efektif untuk mencapai toleransi kesalahan. Ini mahal karena server masing-masing harus dicerminkan oleh server identik yang hanya bertujuan untuk berada di sana dalam hal kegagalan. Teknik lebih murah yang menjadi lebih dan lebih populer adalah clustering.


SWITCH

Switch adalah suatu perangkat yang di gunakan di layer data-link. Sama hal nya dengan hub, switch menghubungkan banyak hosts ke network. Namun tidak seperti hub, sebuah switch bisa langsung meneruskan pesan ke tempat yang dituju tanpa membroadcast pesan tersebut ke semua host. Ketika suatu host mengirim pesan ke host lain dalam jangkauan switch, switch tersebut menerima dan menerjemahkan frame dari pesan tersebut untuk membaca MAC address nya.

Dalam melakukan pekerjaannya switch biasanya membuat sebuah tabel yang biasa disebut tabel MAC address. Tabel tersebut berisi daftar port-port yang aktif dan MAC address dari host – host yg terhubung dengan switch tersebut. Ketika pesan dikirimkan antar host, switch mengecek apakah alamat tujuan dari pesan tersebut ada di dalam tabelnya atau tidak. Jika ada, switch akan membuat koneksi sementara antara port pengirim dan penerima. Kemudian suatu jaringan khusus akan terbentuk sehingga kedua host tersebut bisa berkomunikasi. Host-host lain yang terhubung dengan switch tersebut tidak akan mendapakan share bandwith dari jaringan tersebut dan mereka tidak akan menerima kiriman yang memang tidak di tujukan kepada mereka.

Setiap ada pengiriman pesan baru, koneksi / jaringan khusus seperti di atas akan dibuat, hal ini mencegah terjadinya tabrakan pesan ketika ada 2 host mengirimkan pesan pada saat yang bersamaan.

Bagaimana jika switch menerima alamat frame yang belum tertulis di tabel mac address?

Jika hal demikian terjadi switch akan mengirimkan pesan tersebut kepada semua host yang terhubung dengannya, pesan ini biasa disebut flooded message.. Setiap host akan membandingkan mac address tujuan di dalam pesan tersebut dengan mac address mereka sendiri, jika cocok pesan tersebut akan diproses dan kemudian host tersebut akan merespon ke pengirim.

Bagaimana tabel mac address di update?

Jika ada host yang belum terdaftar namanya di dalam tabel mac address, switch akan memperlajari mac address dari host itu ketika host baru tersebut memberi balasan terhadap flooded message yang dikirimkan, beserta dengan port kemana host tersebut terhubung.


LAN

LAN adalah Local Area Network atau jaringan komputer dalan suatu lingkupan(area) tertentu iaitu beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain baik melalui kabel taupun tidak(wireless; ciri khas:adanya hotspot) dengan tujuan saling berhububung resource(sumber daya) baik sharing file,printer mahupun sambungan internet.Untuk LAN biasa hanya terbatas pada satu tempat saja..Misalnya jaringan dibilik kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar